Cara mengatasi kemacetan di Jakarta

Sesuai dengan judul yang saya buat ini, tulisan ini saya buat berdasarkan pemikiran dan hasil pengelihatan secara kasat mata saat saya berangkat ke kantor. Saya sangat sedih sekali, karena setiap hari kerja dari senin – jumat selalu melihat bentuk kemacetan. Saya melihat banyak sekali pengguna motor dan mobil. Saya sendiri adalah pengendara motor. Mau lewat manapun, misal lewat gang sempit / gang tikus yang bisa langsung nembus-nembus dan ternyata sekarang juga menjadi macet, padahal jalan utamanya pun macet. Sempat saya bertanya-tanya, katanya Negara ini sedang krisis moneter, akan tetapi kok banyak sekali mobil dan motor yang ada, hmmmm ada apa dibalik semua ini. Usut punya usut, ternyata banyak yang menjual mobil atau motor dengan cara kredit ringan. Oh itu toh kenapa bisa bgtu. Nah terlintas dipikiran saya, bagaimana yah cara menghindari kemacetan di Jakarta kalo begini. Saya sempat membaca disebuah Koran, kalo Indonesia diperkirakan kalo masih seperti ini kemacetannya, mungkin 3 tahun atau lebih lagi, diperkirakan akan menjadi lumpuh total / super macet total alias tidak bakal bergerak kendaraan-kendaraan dijalan raya.

Mungkin saya bisa memberikan usulan sedikit dan kalo usulan ini salah, yah mohon dikoreksi dan kita rembukin bersama cara mengatasi kemacetan menurut anda semua dengan gimana caranya.

Pertama, coba setiap rumah, dibatasi mobil atau kendaraan yang akan keluar tiap harinya. Misalnya untuk mobil maksimal hanya boleh 1 mobil yang keluar dan untuk motor maksimal 2 motor yang keluar. Jika seperti pastinya akan sedikit mengurangi bentuk kemacetan di Jakarta atau daerah lainnya. Kenapa saya mengambil seperti itu, karna misal 1 mobil berisikan 4 orang dan setiap motor dinaiki 1 orang dan kalo 2 motor jadi jumlah 2 orang. Berarti total yang keluar dari 1 rumah ada 6 orang dan itu bisa mengirit jumlah kendaraan yang ada dijalan raya. Tapi yang saya lihat bertahun-tahun, 1 mobil biasanya cuman ada 2 orang (1 orang diantaranya supir). Malah ada 1 rumah yang setiap harinya keluar dengan 3 mobil. Yah bapaknya naik mobil pertama, isterinya naik mobil kedua dan anaknya naik mobil ketiga. Apakah semua itu bukan termasuk penyebab kemacetan ?

Kedua, dibuat 3 in 1 disetiap jalan raya dimulai dari jam 6.30 – 10.30, tapi sistem ini harus benar-benar dilaksanakan dan jangan sampai pakai JOKI, coz percuma itu mah sama aja bohong.

Ketiga, sistem kereta api di Indonesia harus lebih ditingkatkan. Misalkan begini, kalo bisa lebih dibanyakin kereta AC EKONOMI dan para warga pada mau kok kalo semua kereta api dikasih AC dengan bayaran Rp. 5.500 tapi dengan pelayanan yang baik dan tidak desak-desakan kok. Adapun kalo ada orang yang tidak sanggup dengan bayar segitu, dibuatlah kereta ekonomi yang kualitasnya tidak kalah jelek. Misal dengan harga Rp. 1.500 per tiket, dibatasi para penumpang, jangan sampai penuh dan meluber sampe atas-atas gtu dan resikonya pun cukup besar. Dengan kata lain, kalo sistem kereta ditingkatkan kualitas dan ditambahkan, mungkin orang yang tadinya naik mobil atau motor, bisa beralih naik kerta asalkan sistem kereta kita mencontoh di japan sana.


Keempat, Untuk para angkot / pun Bis Kota, tolong diharapkan jika menurunkan penumpang di halte atau jangan sembarangan aja, sampe-sampe ada larangan stop / dilarang parker aja masih nurunin disitu. Sebenarnya usut punya usut, hal ini terjadi bukan karna kesalah bang supir, tapi kesalahan si penumpang. Pas saya dulu naik angkot, ada seseorang ibu yang kepengen turun didaerah yang ada larangan berhenti, tapi si ibu itu ga mau tau, padahal abang angkotnya bilang gini :

Sopir Angkot : “Bu turun didepan aja yah, soalnya dilarang berhenti disitu dan saya ga mau kena tilang

Penumpang : “Ah kejauhan Bang kalo ga turun disitu

Alhasil bang Angkot nurunin disitu dan akhirnya dia kena tilang dah sama pak polisi. Hmmm padahal kalo gue liat ya, cuman beda berapa meter j kok, ga sampe 6 meteran gtu. Uh berarti memang belum ada kesadaran dari warganya sendiri kalo gtu yah.

Kelima, Untuk pak polisi harus bener-bener berani NILANG dan JGN ADA KOMPROMI / damai kepada para pengguna lalu lintas yang melanggar dong. Bis ada beberapa oknum yang bisa damai gtu deh. Gw juga pernah termasuk orang seperti itu coz pernah sekali gue lewat jalan yang khusus mobil didaerah senayan gtu, tapi gue bener-bener ga tau jalan dan baru pertama kali lewat situ. Alhasil ketangkep basah dan gue bener-bener pasrah dan gue emang bener-bener keburu buru coz harus ke gelora bung karno u/ mengurus sesuatu event. Jujur aja waktu itu gw ngasih uang damai dan di dompet gue itu cuman ada 20 ribu dan itupun buat uang bensin motor dan gue dengan jujur katakan ke pak polisinya, pak saya pertama kali lewat sini dan ga tau jalan sama sekali dan saya ga lihat ada lambang rambu2 klo dilarang motor dijalur itu. Pak polisinya pun memakluminya dan saya langsung Tanya :

Saya : “pak ada denda ditempat atas kesalahan saya tidak pak”.

Pak polisi : “yah saya maklum kamu emang bener-bener ga pernah lewat sini dan dari KTP km saja bukan Jakarta dan plat motor juga bukan Jakarta”.

Saya : “jujur aja nih pak, didompet saya cuman ada 20 ribu dan sebenarnya itu uang untuk isi bensin buat pulang pak, tapi saya emang salah dan siap didenda pak”.

Pak polisi : “yaudah gpp dan kamu juga uda jujur semuanya kok dan saya maklumin banget, kamu juga pakai HELM dan motor kamu juga lengkap kok”.

Saya : “terima kasih banyak dan saya janji ga bakal melanggar lagi kok pak dan ini buat pengalaman saya”.

Wiih ternyata Pak Polisi yang selama ini Dicap Buruk Semua, tapi ada juga yang baik dan tidak MATRE juga. Semoga semuanya seperti itu. Sebenarnya instansi Polisi bisa dibenahi kalo saja gaji para polisi yang berpangkat kecil dinaikin dan sedikit dihargai, jangan hanya atasannya saja di naiki tapi bawahannya juga dinaiki u/ menghindari adanya TILANG DAMAI. Ups uda OOT nih, pahal topik yang saya buat tentang cara menghindari kemacetan. Kapan-kapan saya buat juga deh tulisan seperti itu, hihihiiii. Sampe dimana yah, Oh ya tadi uda kelima berarti sekarang yang keenam.

Keenam, mohon fasilitas BUS WAY dijakarta ditingkatkan. Banyak orang yang mengeluh jika naik BUSWAY kaya naik kereta ekonomi juga yang sesak-sesakan bgt. Coba dibatasi untuk orang yang naik busway dan untuk orang yang hamil, wanita lansia / kakek kakek, di utamakan kasih duduk. Biasanya kan pada suka masa bodo dan siapa cepat dia dapet kan. Hmmm ilangin sifat kaya gini deh coba. Trus kalo bisa ditertibin kalo yg lewat jalur busway itu jangan ada yang lain, kan byk skrg lewat jalur busway kaya mobil pribadi dan motor. Percuma itu mah, malah jadi macet juga. Coba ditindak tegas yang kaya gtu dan misalkan Busway jalurnya tidak macet dan tidak desak-desakan, pasti orang memilih busway sebagai alat transportasi yang menurut dia nyaman. Padahal kita membuat busway itu niru dari Negara lain dan kok kenapa cuman setengah-setengah niru sistemnya. Hmmmm apakah ada keuntungan buat sebagian pribadi aja yah ???? ah ga tau dan ga boleh Su’udzon deh.


Semoga juga para pejabat tinggi Negara baca tulisan saya ini dan memikirkan terus bentuk solusinya. Tapi semua itu harus kesadaran dari diri sendiri dan saya akan terus mencoba untuk sadar diri dan tidak egois.

I LOVE INDONESIA



Tulisan ini dibuat oleh Penulis dan Tulisan ini hak karya penulis dan tulisan ini pernah saya tulis di KASKUS


Jika ada yang mau mengkopi tulisan ini, harap dicantumkan sumbernya dari sini. Thank's

1 Response to Cara mengatasi kemacetan di Jakarta

Jumat, April 23, 2010 11:10:00 PM

Good opini dan semoga pemerintah kita menanggapinya bos. ayo terus berkarya

Posting Komentar

No Junk, No SPAM, No SARA