Pencegahan Banjir

Kayanya tidak ada habisnya jika kita menyebut kata Banjir. Kenapa Jakarta atau tempat lainnya bisa terkena banjir yang cukup dahsyat menurut saya. Coba anda lihat sekitar jakarta yang terkena banjir, apakah disana terdapat gedung-gedung bertingkat yang tinggi, cukupkah selokan u/ menampung air, apakah sampah-sampah sudah ditaro ditempat yang benar ???? Semua itu perlu kita cermati dengan teliti, jika menurut saya, faktor-faktor tersebutlah yang bisa membuat jakarta kebanjiran.

Apalagi perumahan elit seperti kelapa gading pun ikut diterjang oleh banjir. Memang si Banjir ini tidak pernah pandang bulu yah. Kesadaran masyarakat kita masih susah sekali untuk dirubahnya. Berikut ini adalah penyebab banjir menurut saya :
1. Banyak sekali dikali ciliwung atau kali-kali lainnya dan Selokan yang dipenuhi oleh sampah Rumah Tangga. Huh padahal itu semua kan bisa membuat banjir, karena aliran air bisa terhambat dan menjadi macet untuk mengalir dan disaat air banjir datang, maka kali / selokan tidak bisa menampung air yang banyak dan jadi banjir deh. Coba tidak ada sampah dan aliran airnya lancar, so banjir kayanya ga akan datang dah. Sayang sekali kesadaran masyarakat kita ga pernah mikir efek sampingnya dan pada mau menang sendiri. Padahal kalo uda banjir, mereka marah-marah dan cuman bisa ngoceh-ngoceh ga jelas, padahal itu semua kan salah anda semua juga, suruh sapa buang sampah sembarangan, padahal kan uda dibuat Tempat Pembuangan sampah tuh. Mungkin mereka ga bisa liat Tong sampah segede gitu atau jangan-jangan mereka memang ingin berenang dan membuat banjir tersebut deh.
2. Banyaknya gedung yang tinggi-tinggi sekali di jakarta ini juga bisa menyebabkan banjir. Coba dengan semakin banyaknya gedung-gedung tersebut, daerah resapan air jadi berkurang dan hmmmm itulah yang membuat banjir euuuy. Kok bisa yah para pemda memberikan ijin ??? wah di otak saya masih penuh dengan tanda tanya sekali, kenapa tidak dipikirkan lagi efek sampingnya.
3. Banyak penebangan pohon-pohon yang ada di daerah yang sering terkena banjir. Pohon itu sangat bagus untuk mencegah banjir dan membuat udara menjadi sejuk dan tidak polusi kaya sekarang gini. Kalo banyak pohon, bisa meresap air-air yang ada didalam tanah. Tapi sungguh malang sekali nasib pohon-pohon itu dibiarkan ditebang secara semaunya dan se enak udelmu saja. Saya ga ngerti kenapa ditebang sih.

Mungkin masih banyak lagi penyebab banjir yang ada dan itu semua adalah faktor dari manusianya sendiri. Wajarlah kalo terkena banjir, wong itu juga yang buat anda semua kok. Tidak usah nyalahin orang lain, tapi pikir deh, apa tingkah laku kita uda bener dan menjaga lingkungan tempat tinggal kita sendiri. Banyak orang yang ga sadar dengan tingkah laku diri sendiri yang secara perlahan-lahan telah membuat kerusakan pada alam.

Coba deh dari sekarang kita buat penghijauan lagi daerah tempat tinggal kita dengan menanam pohon kembali dan cara itu juga bisa membuat dan memperkecil polusi udara yang semakin tinggi sekali. Kemudian coba jangan pernah membuang sampah sembarangan deh, kan uda ada tempatnya. Emang kalian mau aliran sungai, kali atau selokan menjadi naik dan anda deh yang kena batunya sendiri. Kalo yang masalah pembangunan gedung-gedung tinggi yang semakin banyak, kita hanya bisa pasrah dan itu memang kemauan dari para petinggi euuuy. Sekarang kita harus bisa melakukan hal semua itu agar tidak lagi adanya banjir.

1 Response to Pencegahan Banjir

Selasa, April 27, 2010 5:23:00 PM

wah...blog yang menarik dan inspiratif..
tetap semangat sob...

nice posting...
keep blogging..!

Posting Komentar

No Junk, No SPAM, No SARA